Skip to main content

REVIEW CHAPTER 914: OKOBORE, THE TOWN OF LEFTOVERS

[ REVIEW CHAPTER 914: OKOBORE, THE TOWN OF LEFTOVERS ]
Chapter 914 sudah keluar sejak
hari Jumat dan tentu akan terus begitu dalam beberapa tahun ke depan.
Sebenarnya sih, scan ilegal manga One Piece dan yang lainnya, dahulu keluarnya pada hari Kamis. Namun kurang lebih sejak akhir arc Zou, distributor scan ilegal memutuskan untuk mendistribusikan manga WSJ kepada situs baca manga seperti Mangastream lebih telat dan alhasil, manga WSJ seperti One Piece keluar tiap hari Jumat. Begitulah..
Tapi bisa juga semua scan ilegal manga WSJ keluar hari Kamis lagi. Namun ada satu kondisi dan kondisi itu adalah dimana majalah Weekly Shonen Jump harus terbit resmi pada hari Sabtu, yang biasanya terbit pada hari Senin. FYI, dalam beberapa kondisi, majalah WSJ bisa keluar pada hari Sabtu. Biasanya sih, jika hari Senin di Jepang ada hari libur, maka pihak WSJ menerbitkan majalah mereka pada hari Sabtu. Otomatis, scan ilegal akan terbit satu hari lebih awal, yaitu pada hari Kamis.
Ok, itu saja sedikit info dariku soal Scan Ilegal yang biasa kalian baca. Jika ada yang mau bertanya soal ini, silahkan tanya di kolom komentar! Dan selanjutnya, silahkan nikmati dan baca Review Chapter 914 dariku!~
===== Cover Story: SHGF Side Story - Part 1 =====
Wow, aku cukup terkejut dengan Cover Story kali ini. Aku 100% yakin kalau di Cover Story kali ini, orang yang ada disana adalah Bellamy! Yup, Bellamy.. orang yang secara 'Tsundere' mengagumi Luffy. Setelah 'ditipu' Doflamingo, secara menyedihkan ia dikalahkan oleh Luffy lagi di Dressrosa (chp 779). Namun Luffy, sudah mengakui kalau Bellamy sudah berubah dan Luffy pun menganggapnya sebagai teman.
Yang jadi pertanyaan kita, kenapa Oda memunculkan petualangan Bellamy di Cover Story tentang Armada Besar Topi Jerami??
Jawabannya adalah karena Bellamy mendapatkan Vivre Card milik Luffy seperti kapten divisi Armada Besar lainnya! Dan itu bisa kalian cek di chapter 801.
Tapi apakah Bellamy bergabung sebagai Armada Besar Topi Jerami? Jawabannya tidak! Namun, jika ia memiliki Vivre Card Luffy, maka Bellamy berniat menemui Luffy lagi suatu hari nanti.
Dan di awal ini, Cover Story Bellamy memunculkan Bellamy yang tiba di sebuah pulau dengan banyak kincir angin (yang pasti bukan Belanda) dan banyak bendera yang sedang dikibarkan, atau mungkin bendera itu sedang dijemur (?). Aku tak membahas itu lebih jauh, mungkin di chapter depan, setelah lebih jelas lagi baru aku akan membahasnya.
Apa yang Bellamy lakukan di kota itu nantinya? Membuat kekacauan layaknya bajak laut atau mungkin melakukan hal baik seperti Luffy?
===== Tsuru dan Kiku =====
Nah, kita diperlihatkan lebih jelas bagaimana kepribadian Kiku dan Tsuru. Tsuru adalah seorang wanita yang cukup pandai soal pengobatan awal. Dia bahkan dapat mengolah Jyagan Grass dan memberikannya pada Tama. Tsuru juga wanita yang tidak bisa menerima kata 'tidak' jika dia sudah membuatkan sesuatu pada orang lain. Dilihat pun, setelah Tama menolak Shiruko (Shiruko adalah bubur kacang merah khas Jepang) buatannya, dia malah marah-marah. Yah itu wajar, karena jika kalian membuat sesuatu untuk seseorang dengan susah payah, namun orang itu menolaknya, maka kalian bakal agak kesal, kan?
Sementara itu, Kiku adalah gadis yang tinggi! Bahkan Zoro yang tingginya 181 cm pun dibawah pundaknya. Namun Kiku sendiri masih kalah besar dibanding Big Mom (XD), hehe. Tapi tentu jika dibandingkan dengan Smoothie, anaknya Big Mom, Kiku kalah tinggi dibanding dia (Smoothie tingginya 464 cm). Dikarenakan Smoothie sendiri memiliki darah keturunan ras kaki panjang yang membuatnya lebih tinggi dibanding wanita kebanyakan.
Kenapa Oda membuat Kiku setinggi itu? Jawabannya Kiku adalah seorang Samurai! Well, di era feudal di Jepang dulu, para Samurai memiliki badan yang tinggi. Namun tinggi mereka tidak 'over' seperti di One Piece (XD). Kinemon dan Kanjuro memiliki badan yang tinggi. Namun nampaknya hanya Ryuma yang memiliki badan rata-rata manusia normal. Hmm...
Selain memiliki badan yang tinggi sebagai ciri khas seorang Samurai, Kiku juga memiliki ucapan unik. Biasanya seorang wanita mengucap 'Atashi' sebagai pelafalan 'Aku', maka Kiku memakai 'Sessha' sebagai pelafalan 'Aku' untuk dirinya. Sessha itu biasanya digunakan oleh para Samurai pria, namun karena Kiku yang menggunakannya, tentu jadinya aneh dan membuat Zoro kaget komikal (XD).
Yah, ternyata Kiku memang seorang Samurai. Pendekar Pedang Cantik yang membawa Daging! Tinggal suruh Kiku membawa daging, maka omongan Usopp akan menjadi kenyataan (XD). Namun aku penasaran, apa Kiku tangguh sebagai seorang Samurai. Jika di chapter berikutnya kita diperlihatkan bagaimana tangguhnya Kiku memainkan Katana, mungkin kita bisa berpendapat kalau Kiku bukanlah seorang wanita 'biasa'. Bisa saja dia adalah keturunan Samurai yang kuat dan terkenal! Hmm...
===== Negeri Wano - Tanah Kuri, Kota Okobore =====
Kota Okobore.. Okobore dalam bahasa Inggris artinya adalah 'Leftovers' yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah 'Sisa'. Sesuai judul chapter kali ini, yaitu, Okobore - Kota Sisa. Kenapa menyebutnya sebagai Kota Sisa? Seperti yang diceritakan oleh Tsuru, Okobore adalah kota Sisa dari mereka yang tak diinginkan oleh kota dimana Pemerintahan resmi berada. Bisa dibilang, Okobore adalah kota yang terbuang. Namun nampaknya, Okobore menjadi Kota Sisa hanya saat Shogun Orochi Kurozumi berkuasa.
Okobore termasuk wilayah keluarga Kozuki. Kalian bisa lihat ada lambang keluarga Kozuki di kedai Tsuru. Dua puluh tahun lalu, kota Okobore dan semua wilayah Kuri makmur saat diperintah oleh Oden Kozuki. Bahkan Oden pun membuat lahan pertanian yang sangat luas di kaki gunung dimana kastil Oden berada. Namun sekarang, lahan pertanian itu sudah dimiliki oleh Shogun Orochi Kurozumi.
Bagi yang belum tahu, nama Oden Kozuki pernah dijelaskan di chapter 818 dan 819. Makanya itu, Luffy berpikir pernah mendengar nama Oden sebelumnya. Oden Kozuki adalah ayah dari Momonosuke dan beliau juga adalah salah satu dari kru Raja Bajak Laut!
Ok, lanjut.. di hadapan kota Okobore, ada distrik Bakura. Dijelaskan oleh Tsuru, distrik Bakura adalah tempat dimana Pemerintahan resmi dari Shogun Orochi berada. Apa mungkin distrik Bakura adalah wilayah ibukota, tempat yang paling makmur di Wano? Hmm..
Namun jika dilihat siluetnya, distrik Bakura berbeda dari kota yang ada di chapter 909. Dan yang pasti, di distrik tersebut ada banyak orang-orang dari kelompok bajak laut Hewan Buas!~
===== Dari SMILE menjadi Gifters =====
Gifters, pertama kali debut saat flashback invasi Jack ke Mokomo dukedom. Gifters adalah pasukan buah iblis buatan, SMILE yang dibuat oleh Caesar Clown. Sedikit flashback soal buah iblis buatan, sebenarnya orang yang pertama kali membuat buah iblis buatan adalah Vegapunk dengan memakai dasar 'Faktor Keturunan'. Hasil dari eksperimen Vegapunk adalah buah iblis yang Momonosuke makan di arc Punk Hazard. Namun menurut Vegapunk, buah iblis itu gagal. Padahal, itu bisa dikatakan hampir sempurna dan bahkan jauh lebih baik dibandingkan buah iblis SMILE.
Kemudian Caesar dengan dibantu oleh Doflamingo memakai dasar dari eksperimen Vegapunk untuk membuat SMILE. Dengan memakai bahan yang disebut SAD, Caesar mampu membuat SMILE yang Doflamingo jual di dunia bawah (Underworld), termasuk Kaido yang memesan lebih dari 500 buah iblis SMILE untuk memperkuat kekuatan tempur kelompoknya! Wow! Dan lebih dari 500 buah iblis SMILE itulah kekuatan pasukan Gifters berasal.
Kalian bisa lihat bagaimana anehnya kekuatan Gifters itu di chapter ini atau pun di arc Zou. Namun lebihnya, Gifters memiliki kemampuan seperti hewan yang mereka jadikan. Seperti Gifters Batman yang memiliki kemampuan pendengaran yang super baik seperti Kelelawar/Kalong/Kampret. Yah, walaupun agak berbeda seperti kemampuan pendengaran ultrasonik Kelelawar sih. Bahkan hewan yang bernama Gazelle (rusa Afrika) pun gak secepat Gazelleman. Gazelle hanya mampu berlari secepat 76 km/jam!
Yah, alasannya, karena ini dunia komik, memang harusnya Oda 'melebihkan' kemampuan yang diambil dari dunia nyata sih, hehe.
Apa kalian tahu? Kru Kelompok Topi Jerami yang pertama kali mengalahkan seorang Headliner sekaligus seorang Gifters adalah Sanji! Yup, di chapter 795, Sanji mampu mengalahkan Sheephead dengan Diable Mouton Shot. Walaupun keadaan tak menguntungkan Sheephead saat itu, namun nyatanya Sanji dapat mengalahkannya, bukan? Hehe~
===== Another Headliners =====
Selain Hawkins, ternyata ada dua Headliner lain yang berada di Kuri, yaitu Holdem dan Speed. Kemungkinan besar nama mereka diambil dari nama permainan kartu, yaitu Holdem Poker dan Speed Poker. FYI - nama karakter dari bajak laut Hewan Buas memang diambil dari nama permainan kartu, seperti Jack (blackjack atau rank kartu Jack), Ginrummy (permainan kartu Gin Rummy). Jadi aku tidak kaget jika nantinya ada kru Kaido yang bernama Solitaire, Canasta, Cribbage dan yang lainnya, hehe.
Sepertinya Headliner pemimpin di Kuri adalah Holdem. Holdem sendiri sudah diberikan siluet oleh Oda. Dia berwajah seperti singa yang ganas dan pastinya dia bukan Pekoms. Apa dia seorang suku Mink? Nope.. jika ia suku Mink, harusnya Sheephead gak kaget saat pertama kali melihat mereka di Zou (chapter 808). Ada dua kemungkinan, dia adalah SMILE user, model Singa atau DF user, Neko Neko no mi model Singa. Namun jika Holdem seorang DF user, Neko Neko no Mi, aku rasa itu lebih keren!
Speed belum diketahui seperti apa dia. Sementara Hawkins sempat bentrok dengan Luffy dan Zoro. Entah dia sudah kembali ke Bakura atau tidak. Jika dia sudah kembali, harusnya semakin seru, kan?~
===== Law muncul! =====
Yap, seperti yang kuduga, Law akan muncul berikutnya. Law nampak sedang bersantai, sepertinya ia menurut instruksi Kinemon untuk tetap mengerjakan misi mereka secara diam-diam. Namun ekspresi itu berubah ketika Law mendengar Luffy dan Zoro dengan cengiran semangat mereka menuju distrik Bakura bersama Kiku untuk bertempur melawan bajak laut Hewan Buas! Yah, ini bukan pertama kalinya Law bertindak 'tidak-cool' menanggapi situasi yang terjadi. Bahkan sejak akhir arc Punk Hazard, Law menjadi ketularan 'konyolnya' kelompok Topi Jerami (XD).
Dulu ada pepatah yang mengatakan, "Barang siapa yang terlalu lama bersama kelompok Topi Jerami, maka akan ketularan gila mereka.."
Dan Law pun sudah ketularan itu dan korban terbarunya adalah Bege di arc Whole Cake Island kemarin (lol!).
Dan apa yang Law lakukan berikutnya? Tentu ia akan menuju distrik Bakura untuk menghentikan Luffy dan Zoro. Namun mereka berdua sudah di depan Torii distrik Bakura dan bukan tidak mungkin, Law dan bajak laut Heart akan terlibat pertarungan bersama Luffy, Zoro dan Kiku~
===== Best Panel: Rasa syukur gadis kecil bernama Tama =====
Seperti biasa, ada Best Panel di Review dariku. Best Panel kali ini, aku memilih scene ketika Tama memakan Shiruko yang Tsuru berikan (lihat gambar 2). Entah kenapa sejak arc Whole Cake Island, Oda
jadi ketagihan membuat scene dimana karakternya merasa sangat lapar dan saat makan, karakter itu akan berteriak 'ENAAAK~'. Kali ini Tama pun menjadi korbannya, setelah Luffy dan Big Mom. Namun masing-masing kondisi mereka berbeda saat itu dan Tama, untuk hadiah ulang tahun nya, dia diberikan Shiruko oleh Tsuru. Oh, ini adalah hari terbaik untuk anak itu!
======= .oOo. =======
Chapter kali ini adalah chapter kelima di arc Wano dan tensi chapter ini agak naik karena Minggu depan akan ada scene berantem! Yah, namun jujur, beberapa admin OPI merasa One Piece berada dalam titik jenuh. Setelah tensi mini-arc Reverie yang begitu wow, di awal arc Wano, menjadi membosankan. Namun ku yakin, arc Wano akan segera masuk ke scene dimana kita akan berkata 'wow, keren!!'.
Usai sudah Review Chapter 914 dariku. Terima kasih untuk Jaimini's Box, Mangacan, OPwikia dan beberapa situs di google sebagai sumber tulisan-ku. Terima kasih juga untuk kalian yang selalu menantikan review chapter dariku! Kritik, saran dan komentar akan aku terima dengan baik! Like dan share jangan lupa!
Minggu depan tidak libur dan itu berarti, seperti biasa, sampai jumpa Minggu depan!

Jakarta, 18 Agustus 2018.
-Kuri-

Comments

Popular posts from this blog

Manga One Piece Chapter 923 - Yonkou Kaido Vs Luffy

Manga One Piece Chapter 912

Manga One Piece Chapter 924 - Huh

Manga one piece eritrosit - lagi-lagi Mimin telat posting. Maafkan Mimin ya gaes. Nih kelanjutan manga One Piece terbaru yakni Manga One Piece Chapter 924. Judul Manga One Piece Chapter 924 ini Huh. Manga One Piece Chapter 924 ini bercerita tentang ekspresi keterkejutannya teman-teman Luffy seperti Franky, Robin yang berkata Huh, saat melihat berita tentang Luffy yang tertangkap oleh Kaido. Ida kejam sekali dengan menggambar si Cantik Robin dengan ekspresi wajah seperti itu. Kemudian ada juga ekspresi konyol dari Zoro. Kemudian terdapat juga penjelasan tentang fakta bahwa batu laut di seluruh dunia ternyata berasal dari wano. Dan hanya pengrajin dari wano yang mampu membuat aneka variasi dari batu wano berukuran kecil seperti paku batu laut. Kemudian ada fakta bahwa ternyata Eustas "Captain" Kit ternyata juga memiliki Houshoku no Haji. Dan ternyata kekuatan buah iblis yang dimiliki Kit juga bisa membuatnya menggerakkan tulang. Berikut selengkapnya Manga O